Cara Mengajarkan Al Quran Pada Anak Sampai Hafidz

Cara Mengajarkan Al Quran Pada Anak Sampai Hafidz

Cara Mengajarkan Al Quran Pada Anak – Metode pembelajaran saat mengajar atau mengajarkan ngaji pada anak di usia dini yang menarik minat mereka untuk gemar membaca Al Quran sangatlah mudah jika kita benar benar berniat dan bersungguh sungguh dengan niatan itu.

Di usia dini seorang anak merupakan masa masa emas pada diri seorang manusia, pada usia di bawah 7 tahun anak memiliki daya ingat dan rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Tentunya sebagai orang tua, kita tidak akan menyianyiakan kesempatan ini, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengajarkan Al Quran pada anak dengan cara yang menarik dan sesuai dengan usia mereka.

Al Quran sendiri merupakan kitab suci yang di dalamnya banyak sekali ilmu tentang dunia dan akhirat, sebagai orang tua alangkah baiknya jika kita mengajarkan anak untuk membaca dan menghafalnya. Karena menurut hasil penelitian para ahli, seorang manusia yang mampu menghafal Al Quran maka sudah dapat dipastikan IQ mereka berada 4 kali di atas rata rata manusia biasa (yang tidak menghafal Quran). Jadu tunggu apa lagi, yuk kita pelajari tahapan demi tahapan cara mengajarkan Al Quran pada anak di usia dini, berikut ulasannya.

Metode Atau Cara Mengajarkan Al Quran Pada Anak Di Usia

Untuk anak anak yang belum fasih dan yang sudah fasih dalam berbicara maka anda bisa lakukan hal hal berikut ini.

1. Memperdengarkan Bacaan Al Quran Pada Anak

Anak cenderung akan melakukan hal hal yang ia dengar dan yang ia lihat, maka sebagai orang tua jika kita ingin mengajarkan anak agar pandai membaca Al Quran bahkan ingin anak kita menjadi penghafal Al Quran maka lakukan hal pertama ini setiap hari di waktu waktu terbaik seperti saat anak bangun di waktu pagi dan sebelum anak tertidur.

Cara mengajarkan Al Quran pada anak yang ini merupakan dasar dari semua langkah selenjutnya, karena orang tua adalah madrasah pertama pada anak yang akan mereka banggakan dan tirukan atau sebaliknya.

2. Memanfaatkan Media Pemutar Suara

Salah satu cara mengajarkan Al Quran pada anak adalah dengan memperdengarkan murottal Al Quran melalui mp3 player atau pemutar suara lainnya, anda bisa memulainya dengan memutar mp3 juz Amma, karena juz Amma berisi surat surat pendek yang insyaallah mudah untuk dihafal. Jika anda belum memilki audio juz Amma, anda bisa download juz Amma di internet terlebih dahulu.

Dengan memperdengarkan terus menerus kepada anak, maka anak akan terbiasa dengan bacaan Al Quran dan dengan begitu proses mengajarkan Al Quran pada anak akan menjadi lebih mudah.

3. Mulai Mengenalkan Anak Dengan Huruf Huruf Arab

Jika 2 tahapan cara mengajarkan Al Quran pada anak diatas sudah dijalankan dengan rutin maka sudah tiba waktunya untuk memperkenalkan anak dengan huruf huruf arab, cara termudah dan sering di lakukan adalah dengan mengajarkan anak Iqra terlebih dahulu.

Di dalam Iqra anak akan mulai belajar membaca huruf demi huruf dan menghafalnya, selain itu di dalam metode pembelajaran Iqra anak juga akan mengenal harakat dan juga hukum-hukum membaca Al Quran. Jadi, saat anak sudah lulus dalam membaca Iqra dan lancar dengan itu maka kita sudah bisa mengenalkan anak dengan mushaf Al Quran dan mulai mengajarkannya.

4. Mengajarkan Anak Membaca Mushaf Al Quran

Setelah anak bisa dan lancar membaca Iqra, maka sudah saatnya mereka mengenal dan membaca Al Quran. Pada tingkatan ini anak mungkin akan mengalami sedikit masalah saja seperti hukum hukum bacaan seperti hukum bacaan isymam dan beberapa hukum bacaan lainnya yang tidak mereka dapatkan di dalam Iqra, maka tugas kita adalah memberitahu mereka mengenai hukum bacaan tersebut.

Setelah anak mulai terbiasa membaca Al Quran, maka tugas selanjutnya adalah merutinkan atau membuat jadwal untuk anak agar terus membaca Al Quran di usia emasnya hingga mereka bisa menjadi penghafal Al Quran.

5. Membuat Jadwal Membaca Dan Menghafal Al Quran

Setelah anak fasih membaca Al Quran baik itu secara tajwid dan makhorijul huruf, maka tugas kita sebagai orang tua adalah membuat jadwal rutin untuk anak dalam membaca Al Quran.

Waktu terbaik untuk anak membaca dan menghafal Al Quran adalah setelah selesai sholat subuh sampai matahari setinggi tombak, lalu setelah matahari pada posisi tersebut persilahkan anak untuk menyetorkan hafalan yang ia dapatkan selama jeda waktu setelah subuh sampai waktu sepenggalang naik matahari.

Kemudian buatkan jadwal rutinan setelah ba’da ashar untuk anak agar bisa menyetorkan seluruh hafalan yang telah dia dapatkan, pada waktu tersebut anak kita anjurkan agar bisa menyetorkan minimal 2 lembar hafalan quran mereka.

6. Berikan Libur Dan Hadiah Untuk Anak

Dalam waktu sepekan buatlah jadwal libur 1 hari untuk mereka dalam menghafal Al Quran, karena dengan memberikan waktu libur tersebut akan membuat anak menjadi rileks secara psikis dan fisik.

Kemudian berikan hadiah untuk mereka ketika sudah mencapai target hafalan, berilah hadian yang ia sukai atau bisa juga berupa makanan yang ia sukai, dengan memberikan hadian akan mendorong anak agar lebih giat lagi dalam membaca dan menghafal Al Quran.

Kesimpulan

Untuk menerapkan semua langkah langkah cara mengajarkan anak menghafal Al Quran diatas memanglah tidak mudah, pasti banyak hambatan dan rintangan. Namun, kita tidak boleh ragu dan menyerah agar anak kita menjadi seorang manusia yang kelak bisa membanggakan orang tuanya dihadapan Allah Azza Wa Jalla dan memberikan syafaatnya untuk diri kita.

Istiqomah adalah kunci dari semua langkah langkah diatas, jadi jangan pernah menyerah dan teruslah mengajarkan anak dan mendekatkannya pada Al Quran.